Posted in Review

Review Embedded Wireless Paket Lengkap: RouterBoard LHG5Kit Tripack (RB LHG-5nD)

Mikrotik telah melucurkan produk baru berupa perangkat embedded wireless yang sudah dilengkapi dengan Routerboard, wireless card, dan antenna. Seperti yang kita tahu bahwa produk ini bukanlah produk embedded wireless pertama milik Mikrotik karena sebelumnya sudah ada beberapa produk seperti SXT Series, OmniTik, dan QRT Series. Perangkat ini menawarkan kemudahan untuk membangun jaringan wireless karena kelengkapan perangkat pendukungnya dijual dalam satu paket.

Spesifikasi Produk

Produk ini memiliki reflection yang dilengkapi dengan sebuah wireless card 5Ghz 802.11 a/n dengan chipset AR9334 yang bekerja di frekuensi 5GHz. Sedangkan untuk Antenna, RB LHG-5nD menggunakan Dual Polarization 24,5 dBi dengan beam width sebesar 7 derajat. Selain itu, produk ini juga memiliki embedded RouterBoard dengan CPU sebesar 600Mhz, RAM 64MB, dan Storage 16MB Flash. Kelebihan lain dari RB LHG-5nD adalah adanya kombinasi antara Antenna Grid dan RouterBoard.

Produk yang dilengkapi dengan Fast Ethernet 10/100 Mbps ini didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan PTP (Point to Point) jarak jauh karena adanya lisensi level 3 dari RouterOS. Artinya, produk ini hanya dapat digunakan sebagai mode Bridge (access point dengan satu client untuk mode PTP) dan mode station.

Coverage Area

Jarak efektif yang dapat dicover oleh RB LHG-5nD kurang lebih sekitar 10 km untuk topologi PTP (Point to Point) antar perangkat LHG dengan standar date-rate 802.11n. Berikut perbandingan jarak antara RB LHG-5nD dengan beberapa produk wireless Mikrotik lain.

Perhitungan di atas didasarkan pada kondisi ideal, tidak terbatas oleh line of sight, fresnel zone yang memadai, tidak ada inteferensi, dan pemasangan perangkat yang sesuai dengan standar.

Spesifikasi Wireless Power

Umumnya, semakin besar data rate maka Tx (Transmit) Power akan turun. Untuk memudahkan Anda, berikut contoh tabel perbandingan penggunaan power dari wireless card berdasarkan data rate yang dilewatkan.

Arti dari tabel di atas adalah untuk mendapatkan dare-rate 54 Mbps maka Tx Power yang harus digunakan oleh interface wireless adalah 20db dengan Rx-sensitivity router minimal -80. Sedangkan, MCS0 dan MCS7 merupakan informasi date-rate standart 802.11n. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang standart 802.11n, berikut hasil testing throughput wireless-nya.

Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa throughput tertinggi yang bisa dilewatkan adalah 255.9 Mbps dengan maximum 21.127 Pps. Hasil setiap testing bisa saja berbeda karena tergantung pada kondisi lingkungan dan kualitas link.

Jadi, bagi Anda yang ingin membangun jaringan wireless yang mudah, lengkap, dan bisa digunakan untuk jarak jauh maka RB LHG-5nD adalah solusi yang tepat. Untuk mendapatkan produk Mikrotik ini, Anda bisa membelinya langsung di Teakwave.id karena dijamin ori dan bergaransi. Jangan khawatir, Teakwave.id merupakan distributor resmi dari Ubiquiti Networks, Mikrotik dan Cambium Networks sehingga bisa dipastikan keamanan dan kualitasnya.

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart
Open chat
Hai, ada yang bisa kami bantu?