Posted in Tips

7 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Saat WFH

Sumber: https://bit.ly/3aTzUXU

Semenjak adanya pandemik COVID-19, peraturan untuk melaksanakan work from home  (WFH) mulai diterapkan oleh banyak perusahaan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Dengan adanya kebijakan ini maka kebutuhan akan internet pun menjadi semakin meningkat karena semua pekerjaan kantor harus dilakukan secara online. Oleh karena itu, dibutuhkan jaringan internet yang stabil untuk menyelesaikan semua pekerjaan kantor, terutama ketika harus melakukan video konferensi.

Sayangnya, jaringan internet rumahan yang kita gunakan tidak selalu stabil sehingga sangat mengganggu proses bekerja. Sementara, area publik lain yang memiliki jaringan internet stabil sedang tidak beroperasi. Untuk itu, teakwave.id menawarkan 7 cara meningkatkan kecepatan internet saat WFH, yakni sebagai berikut.

  1. Restart Router

Cara paling mudah untuk meningkatkan kecepatan internet adalah dengan me-restart router Wi-Fi Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa perlu jeda waktu sekitar 10-15 detik untuk kembali menyalakan router. Sedangkan untuk menghubungkan kembali Wi-Fi dengan perangkat butuh wakti sekitar 1-2 menit. Jika sudah, periksalah koneksi internet Anda, apakah sudah kembali normal atau belum.

  1. Ganti Channel Router

Banyak yang belum tahu bahwa router dapat berjalan di berbagai channel, bahkan bisa saja router Anda berada dalam satu channel dengan sinyal Wi-Fi orang lain. Hal ini bisa memperlambat jaringan internet Anda karena secara tidak langsung Anda sedang berbagi kecepatan dengan orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti channel router Wi-Fi Anda.

Untuk pengguna Mac, Anda bisa menggunakan fitur bawaan dengan cara menekan cukup lama tombol option, lalu klik Wi-Fi dan pilih Open Wireless Diagnostic. Selanjutnya, pilih Utilities, kemudian Wi-Fi Scan, dan klik Scan Now. Sementara untuk pengguna Windows atau PC, Anda bisa masuk ke Command Prompt dan ketik “net wlan show all”. Kemudian, Anda akan diarahkan ke daftar jaringan wireless dan channel yang masih satu jaringan dengan router Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ketiga, seperti WifiInfoView.

  1. Gunakan Block Ads

Iklan bisa menjadi salah satu penyebab berkurangnya kecepatan jaringan internet Anda karena besarnya data yang dibutuhkan untuk mengakomodasinya. Untuk itu, gunakanlah AdsBlocker supaya jaringan internet Anda bisa tetap stabil.

  1. Limitasi Bandwidth

Jika Anda menggunakan tethering dari smartphone sebagai sumber koneksi internet, coba periksa limitasi bandwidth internet Anda. Biasanya, provider memberikan limit untuk kecepatan internet penggunanya. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengatur limit secara manual. Bisa juga dengan mengaktifkan QoS (Quality of Service) pada control panel router untuk membatasi waktu download dan mengaktifkannya pada waktu-waktu tertentu.

  1. Gunakan VPN

Apabila koneksi internet Anda menjadi lambat karena adanya traffic tertentu maka VPN bisa menjadi solusinya. VPN akan mengubah alamat IP Anda sehingga koneksi internet Anda bisa kembali cepat. Syaratnya, IP yang terhubung harus benar-benar tepat.

  1. Ganti Router

Bisa jadi Wi-Fi Anda lemot karena router yang sudah ketinggalan zaman. Jika sudah seperti itu, sebaiknya gantilah router Anda dengan router baru yang lebih modern dan kuat, misalnya D-Link EXO AC3000 Tri-band atau Netgear Nighthawk Smart Wi-Fi Router (R7000).

  1. Saatnya upgrade

Jika semua cara sudah dicoba, tapi jaringan internet masih belum stabil. Mungkin memang sudah saatnya Anda membayar ekstra untuk koneksi internet yang lebih cepat. Bisa jadi kebutuhan internet Anda memang lebih besar dari kuota internet yang Anda miliki.

Nah, itulah 7 cara meningkatkan kecepatan internet saat WFH dari teakwave.id yang bisa Anda coba. Semoga bisa membantu Anda dalam menjalankan WFH sehingga tidak ada lagi koneksi internet yang ngadat saat video konferensi atau saat harus mengirim dokumen penting.

Tetap semangat, ya!

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart
Open chat
Hai, ada yang bisa kami bantu?